Jumat, 18 November 2011

Arab Saudi

Letak dan Batas Negara
Menurut letak astronomisnya, Arab Saudi terletak diantara 15 derajat LU sampai 32 derajat LU dan antara 34 derajat BT sampai 57 derajat BT. Sedangkan menurut letak geografisnya, negara Arab Saudi berada di kawasan Asia Barat, tepatnya di Semenanjung Arab. Di bagian utara berbatasan dengan Yordania, Irak, dan Kuwait. Di bagian timur berbatasan dengan Teluk Persia dan Uni Emirat Arab. Di sebelah selatan berbatasan dengan Oman dan Yaman. Di sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah dan Teluk Aqaba.

Bentang Alam
Secara umum, tanah di negara Arab Saudi merupakan pegunungan tua yang tandus dan kering. Di bagian utara terdapat Gurun An-Nafud dan di sebelah selatannya terdapat Gurun Rub Al Khali.



Bagian barat dalam wilayah Arab Saudi merupakan dataran rendah yang disebut Tihama. Di bagian timur antara Kuwait dan Qatar banyak terdapat sumber air yang disebut oase atau oasis. Sebagian daerah pantai tertutup oleh Sabhka (dataran garam). Pada tempat-tempat tertentu, di daerah ini dijumpai adanya ledokan tanah memanjang seperti sungai kering yang disebut Wadi.

Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, Arab Saudi mengalami 2 macam iklim, yaitu iklim tropis (dialami di daerah bagian selatan) dan iklim subtropis (dialami di daerah bagian utara). Pada siang hari, suhunya bisa mencapai 49 derajat Celcius, sedangkan di malam hari, suhunya bisa mencapai 2 derajat Celcius.

Penduduk
Penduduk negara Arab Saudi terdiri dari Bangsa Smith, Hasbsyi, dan Badui. Pencampuran antara Bangsa Smith dan Hasbsyi menyebabkan mayoritas penduduk Arab Saudi berkulit kemerah-merahan. Sebagian besar penduduk Arab Saudi bertempat tinggal di sepanjang pantai Laut Merah. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Arab dan mayoritas penduduknya menganut agama Islam.

Perekonomian
  1. Pertambangan, berupa minyak bumi dan gas alam. Terkenal dengan sebutan Petro Dollar karena hampir sebagian besar sumber devisa negaranya berasal dari penjualan minyak.
  2. Pertanian, berupa kurma, gandum, padi, jagung, kopi, dan sayur.
  3. Peternakan, berupa unta, kambing, biri-biri, keledai, kuda, dan sebagian kecil ayam yang banyak diternakkan oleh Suku Badui di daerah stepa.
  4. Perindustrian, berupa industri minyak, industri petro kimia, peleburan alumunium, dan lain-lain.
  5. Perdagangan, berupa minyak bumi dan gas alam sebagai barang ekspor. Sedangkan barang impornya berupa buah-buahan, bahan pangan, bahan bangunan, dan lain-lain.

Kebudayaan
Negara Arab Saudi mempunyai banyak peninggalan berupa bangunan bersejarah yang dikenal hampir semua penduduk dunia, khususnya umat beragama Islam. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pemerintahan
Bentuk pemerintahan Arab Saudi yaitu kerajaan berkonstitusi dengan kepala negara raja dan kepala pemerintahan perdana menteri. Negara Arab Saudi beribukota di Riyadh.

Kota-kota Penting di Arab Saudi
  • Riyadh, kota terbesar di Arab Saudi. 
  • Mekah, kota paling penting bagi seluruh umat Islam di dunia.
  • Madinah, kota suci kedua setelah Mekah.
  • Jedah, kota metropolitan dan pelabuhan utama Arab Saudi.
  • Rastanura, pelabuhan minyak utama di Arab Saudi.
  • Yanbo dan Jubail, kota industri di Arab Saudi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar