Jumat, 18 November 2011

Brasil

Letak dan Batas
Wilayah negara Brasil yang terletak di kawasan Amerika Selatan ini dikelilingi oleh wilayah negara-negara: Uruguay, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana Inggris, Suriname, Guyana, serta Samudra Atlantik. Brasil merupakan negara terluas di Amerika Selatan. Batas-batas wilayah negara Brasil yaitu:
  • Bagian utara berbatasan dengan wilayah negara: Venezuela, Guyana Inggris, Suriname, Guyana, Kolombia, dan Samudra Atlantik.
  • Bagian selatan berbatasan dengan wilayah negara: Uruguay, Paraguay, dan Argentina.
  • Bagian timur berbatasan dengan wilayah negara: Kolombia dan Samudra Atlantik.
  • Bagian barat berbatasan dengan wilayah negara: Bolivia dan Peru.

Keadaan Alam
Keadaan alam Brasil secara garis besar dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
  • Daerah Rendah Amazone, terdapat di bagian utara Brasil terdiri atas cekungan dataran rendah yang sangat luas (4 juta km persegi) yang ditumbuhi oleh hutan tropis (selvas) Amazone. Sungai Amazone merupakan sungai terluas di dunia, dengan mata air berasal dari Pegunungan Cordilleras De Los Andes dan bermuara ke Samudra Atlantik.
  • Dataran Tinggi Brasil, terletak di bagian tengah dan bagian selatan Brasil. Banyak ditumbuhi oleh padang rumput (campos). Selain Dataran Tinggi Brasil, masih ada 2 dataran tinggi lain, yaitu Dataran Tinggi Guyana dan Dataran Tinggi Parana. Di daerah ini terdapat puncak tertinggi Brasil yaitu Gunung Nebila (3014 m) di perbatasan dengan Venezuela. Pada daerah ini juga mengalir 2 sungai, yaitu Sungai Tocantin dan Sungai San Francisco.
  • Dataran Rendah Pantai, terletak di sebelah timur Dataran Tinggi Brasil. Wilayah ini merupakan daerah-daerah yang padat penduduk dan terdapat beberapa kota pelabuhan utama.

Iklim
Secara astronomis, Brasil terletak diantara 5 derajat LU sampai 34 derajat LS dan garis bujur 47 derajat BB sampai 74 derajat BB. Berdasarkan letak astronomisnya, maka iklim matahari yang berlaku di Brasil ada 2, yaitu iklim tropis dan iklim subtropis.

Keadaan Penduduk
Pemusatan penduduk Brasil berada di sepanjang Pantai Atlantik dengan kota-kota padat penduduk, seperti: Brazilia (ibukota), Sao Paulo, dan Rio de Janeiro. Penduduk asli Brasil adalah Suku Indian, sebagian besar pendatang seperti bangsa Portugis, Italia, Jerman, Yahudi, Spanyol, dan sebagainya. Sebagian besar penduduk Brasil beragama Katholik Roma. Pencampuran penduduk pendatang dan penduduk asli Brasil melahirkan beberapa suku keturunan, seperti:
  • Keturunan orang kulit hitam dengan orang kulit putih disebut Mulatto.
  • Keturunan orang Indian dengan orang kulit putih disebut Mestizo.
  • Keturunan orang Indian dengan orang kulit hitam disebut Zambo.

Perekonomian
  1. Pertanian, berupa kopi (nomor 1 di dunia), kapas, kacang, gula, jagung, dan lain-lain.
  2. Peternakan, berupa biri-biri, babi, lembu, domba, kambing, dan kuda.
  3. Perikanan, berupa croaken, sardine, udang, dan lobster.
  4. Pertambangan, berupa krom, bijih besi, bijih mangan, minyak bumi, dan gas alam.
  5. Industri, berupa industri baja, kendaraan bermotor, pesawat terbang, tekstil (kain katun), dan penyulingan minyak bumi.

Kebudayaan
Kebudayaan Brasil merupakan perpaduan dari budaya Portugis, India, dan Afrika. Musik dan tarian yang terkenal di Brasil adalah Tari Samba.

Bentuk Negara
Bentuk negara Brasil adalah federal yang terdiri atas 23 negara bagian, 3 daerah khusus, dan 1 distrik federasi. Sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik dengan kepala negara presiden.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar